GEMASTIK

Apa itu GEMASTIK?

GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pagelaran ini diselenggarakan bersama salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai penyelenggara. Dari tahun ke tahun, tingkat persaingan di dalam GEMASTIK semakin meningkat. Pada tahun 2017 tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se- Indonesia terdaftar pada 10 cabang lomba GEMASTIK X. Pada tahun 2018, GEMASTIK XI terlaksana dengan diikuti oleh 2.470 tim yang berasal dari 132 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang lomba. Pada penyelenggaraan sebelumnya yaitu tahun 2019, GEMASTIK XII diikuti oleh 3.285 tim yang berasal dari 133 Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 11 cabang lomba. Pada tahun 2021 ini, GEMASTIK XIV kembali diselenggarakan dengan 11 cabang lomba. 

Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XIV dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masing-masig cabang/divisi lomba. Babak Penyisihan maupun Babak Final GEMASTIK XIV dilaksanakan secara daring, dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masing-masing cabang/divisi lomba.

Cabang Lomba

GEMASTIK XIV menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Infomasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya. Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XIV, yaitu:

  1. Divisi I Pemrograman (Programming)
  2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)
  3. Divisi III Penambangan Data (Data Mining)
  4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
  5. Divisi V Animasi (Animation)
  6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)
  7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
  8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
  9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
  10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
  11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)

Persyaratan

  1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) dan yang berada di bawah lingkup Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
  2. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada laman PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta hingga pelaksanaan babak final,
  3. Setiap 1 (satu) tim peserta terdiri dari maksimum 3 orang mahasiswa,
  4. Peserta belum pernah menjuarai kategori lomba yang sama pada Gemastik tahun sebelumnya,
  5. Penulisan nama mahasiswa peserta wajib menggunakan nama lengkap tanpa disingkat,
  6. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Buku Panduan edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan,
  7. Untuk lomba berbasis karya kreasi, karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku – agama – ras – antar golongan), radikalisme, asusila dan plagiarisme, serta belum pernah mendapatkan juara pada kompetisi lain,
  8. Semua kegiatan lomba (presentasi dan non presentasi) pada babak final dilaksanakan secara daring dan dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peninjau yang bukan finalis pada kategori lomba yang diikuti).